Dare To Fail !

Dalam hidup ini, kegagalan telah menjadi sebuah alasan seseorang untuk takut menuju lembaran baru dalam hidupnya. Sebagian besar dari mereka malah stuck pada titik dimana saat mereka terjatuh. Bersedih, kecewa ataupun marah, itu merupakan hal yang wajar dirasakan oleh manusia normal menurut saya.

Namun, saya memiliki pandangan yang berbeda untuk memaknai sebuah kegagalan. Saat kita tidak berhasil mencapai suatu target yang kita diinginkan dalam hidup, pada umumnya kita akan langsung merasa gagal, kecewa dan lainnya. Seperti kalah dalam pertandingan,  tidak berhasil melaksanakan kegiatan sesuai target yang di inginkan ataupun kalah dalam sebuah perlombaan tertentu.

Mungkin, disaat kita dihadapkan dengan hal hal yang seperti itu, hal tersebut membuat kita terjatuh dan terperangkap dalam ketakutan yang kita buat sendiri untuk tidak memulai sebuah lembaran baru. Namun, buat saya hal tersebut tidak sepenuhnya bisa dibilang gagal.
Buat saya, gagal adalah ketika terjatuh dalam langkah kita, namun berhenti untuk mencoba bangung dan kembali melangkah.
Selama kita sudah memberikan yang terbaik dari diri kita, namun kita masih belum berhasil meraih target yang kita ingin,  itu bukan sebuah alasan untuk berhenti dan menyerah. Namun hal tersebut seharusnya dapat menjadi dorong untuk berusaha lebih keras lagi kalau kita memang benar benar menginginkannya.
Karena sukses dan tidaknya kita di masa depan adalah buah dari pilihan yang kita ambil di masa kini. 
Donald Trump pernah bilang,  tidak ada satu atlet ice skating yang juara olimpiade yang tidak pernah terjatuh selama dia berkarier.
Semua orang pasti akan terjatuh saat mereka melangkah, namun kebanyakan dari mereka takut untuk kembali melangkah karena takut terjatuh untuk kembali terjatuh. Menurut saya itu pemikiran yang kurang tepat. Karena hal tersebut seharusnya dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk tidak jatuh kembali ke lubang yang sama Layaknya sebuah pensil, semakin dia sering diserut maka akan semakin tajam, namun jika di serut terus menerus, pensil itu lama kelamaan akan habis.  Jadi, jika kita berani untuk gagal dan berani untuk bangkit dan belajar dari kegagalan kita di masa lalu, hal tersebut dapat membuat kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Namun, kita juga tidak perlu untuk terus terusan membuat kesalahan kesalahan yang dapat membuat kita kembali terjatuh apalagi jatuh ke kesalahan kesalahan yang sama. Kita dapat belajar tidak hanya dari apa yang terjadi dalam hidup kita sendiri, tetapi kita juga dapat belajar dari kehidupan orang lain. Namun, kita juga jangan menunggu yang lain masuk ke lubang dahulu.
Kita harus tetap melangkah karena hidup harus tetap berjalan, jika kita hanya diam, kita akan ketinggalan.
Memang, kadang kala saat semuanya terasa bersahabat dan semuanya berjalan sesuai yang kita inginkan namun kita tidak berhasil meraih target yang kita inginkan. Memang sangat sulit untuk menerima hal tersebut untuk diri kita, namun di saat itu kita harus tetap percaya bahwa tuhan pasti memiliki rencana yang jauh lebih indah dari hal yang kita harapkan tersebut.